dwicri-j. Diberdayakan oleh Blogger.

[PeKo] Mengenal Budaya : Umur orang Korea dan Soju

Umur orang Korea
ada yang tahu gimana sistem umur di Korea nggak?? umur di Korea, agak berbeda dengan Indonesia. mereka lebih cepat satu tahun… (Owaaa)


jadi, saat mereka lahir itu…mereka sudah berumur satu tahun… jadi misalnya, Uri Jang Geun Suk, dia kan lahir tahun 1987…. maka, di Korea, dia akan dikatakan berumur 24 tahun… kalo di negara kita, orang yang lahir tahun 87, tahun ini akan berumur 23… nah…jadi tahu bedanya kan….

trus, di korea juga ada perayaan ulang tahun khusus pada umur2 tertentu….pada saat setahun setelah lahir… (sebenarnya ulang tahun umur satu tahun, tapi kalo di sana perayaan dua tahun…) namanya 돌잔치 (doljanchi = perayaan ulang tahun) pada perayaan 돌잔치 (doljanchi) ini, sama kayak budaya jawa, anak kecil itu akan diberi barang2 yang menunjukkan masa depannya… jadi ada uang, benang, mie, pensil, buku, dan lain sebagainya.

kalo milih uang, ntar gedenya bakal jadi orang kaya….kalo benang ada mie, dia bakal hidup panjang nantinya, sehat gitu dah,,,nah, kalo pensil ama buku…dia bakal jadi orang pinter……nah, trus ada lagi 회갑잔치 (hoegabjanchi = perayaan ulang tahun ke 60) ini adalah perayaan ulang tahun pada umur 61 tahun (umur Korea, kalo di negara kita umur yang ke 60) ini pesta yang cukup besar, banyak makanannya….

SoJu
Apa Itu SoJu ????
Kalo sering nonton drama Korea pasti tau minuman ini, Soju adalah minuman keras khas Korea, dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Korea. Kalau kamu tinggal di Korea kemanapun kamu pergi, pasti menemukan Soju. Mulai dari supermarket, restoran, sampai warung dipinggir jalan jg ada.Minuman yang terbuat dari beras ini (mungkin kalo di Indonesia air tapai kali ya) adalah minuman yang digemari oleh baik laki-laki maupun perempuan, mulai remaja sampai orangtua.

Soju juga dikenal sebagai minuman yang merakyat karena harganya yang cukup murah(murah apaan, padahal gw pernah bl buat gos gw di supermarket mugunghwa harga satu dus(isi 6 botol) 400rb) untuk kategori minuman keras. Makanya soju juga diminum orang mulai dari orang miskin sampe orang kaya, dari pemulung sampe yang berdasi...Minum soju memang sudah jd kebiasaan disana, salah satu contohnya setelah pulang kerja ( biasanya pegawai laki-laki), dengan beberapa teman akan minum soju bersama-sama. Mereka akan minum sepuasnya (sudah pasti sampe mabok), sambil membicarakan soal pekerjaan mereka, keluarga bahkan masalah negara (kalo di Indonesia mungkin sama aja diwarung kopi kali ya).

Bahkan ada restoran yang sengaja tidak menyediakan makan malam (dengan nasi), tapi hanya menu khusus yang dapat dinikmati sambil minum soju. Jenis makanannya banyak seperti ayam goreng, ayam gulai, ikan bakar sampe usus babi bakar, jeroan babi. cara minumnya yg khas pakai gelas kecil dan biasanya saling menuangkan ke sesama teman. Kalau teman sedang menuangkan soju ke gelas kamu, maka kamu harus pegang gelasnya dengan tangan kanan, sedangkan tangan kiri memegang sikut, satu lagi pas mau meminumnya ada baiknya juga kalau kamu sedikit memiringkan badan menghadap kesamping, katanya untuk menunjukkan sikap hormat (itulah hebatnya orang korea, mau melalukan hal-hal yg gak bgs aja tetep pake sopan santun).

Inget yh...biar kita suka korea bukan berarti kita harus ngikutin kebiasaan mereka ini...pokoknya gak boleh. .

Credit : Saranghaneun Korea BS, Belajar Bahasa dan Budaya Korea
dwicri-j

0 Komentar:

Posting Komentar